PABX BANDUNG

SEKILAS TENTANG PABX

Sekilas Mengenai PABX
PABX atau Private Automatic Branch eXchange merupakan suatu perangkat penyambungan alat komunikasi telepon yang letaknya berada di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik.
Ukuran atau parameter PABX dalam kapasitas jumlah line telkom yang tersambung ke PABX dan jumlah Extension (cabang). Mulai dari kapasitas satuan, puluhan, ratusan maupun ribuan extension. Saat ini, PABX telah mengaplikasikan teknologi Internet Protocol (IP) sehingga disebut IP PBX.

Beberapa Tipe dan jenis PABX

PABX DIGITAL
PABX Digital adalah PABX yang mempunyai output atau extension berupa data digital. Untuk PABX jenis ini data digital perlu dikonversikan dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. Tiap-tiap merk mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan istilah berbeda. Contoh merk PABX Panasonic menyebutnya key telephone, digital phone. NEC menyebutnya multi line terminal.

PABX ANALOG
PABX Analog adalah PABX yang mempunyai output analog atau extentionnya berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti yang digunakan di rumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut Single Line Telephone (SLT).

PABX Hybrid
PABX Hybrid adalah PABX gabungan antara dua sistem di atas (PABX Digital dan PABX Analog). Oleh karena itu, sistem ini mempunyai 4 cable (2 pair-1 pair analog 1 pair digital) pada setiap outputnya.

PABX IP (Internet Protocol)
PABX IP adalah PABX yang hanya mengunakan protocol IP untuk interkoneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP mengunakan RJ45 untuk koneksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *